Posted by : Chris Sunday, January 22, 2017

Pengertian Seni Tari


Seni tari adalah suatu gerak badan yang secara berirama yang dilakukan ditempat serta pada waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkap perasaan, maksud, serta pikiran. Yang dimaksud dengan buni-bunyian ialah musik pengiring tari yang mengatur suatu gerakan penari serta menguatkan suatu maksud yang mau di sampaikan. Gerakan tari ini tidak sama dari sebuah gerakan sehari-hari yang seperti lari, jalan, atau bersenam. Gerak didalam tari tidaklah gerak yang realistis, tetapi gerak yang sudah di beri suatu bentuk ekspresif serta estetis. Sebuah tarian sesungguhnya ialah sebuah kombinasi dari sebagian unsur, yakni wiraga (raga), Wirama (irama), serta Wirasa (rasa).

Unsur Unsur Seni Tari

  • Ragam Gerak, ini merupakan salah satu unsur yang terpenting, karna seni tari menggunakan gerakan semua tubuh.
  • Bentuk Iringan, unsur yang satu ini sebuah bentuk iringan tarian yang bisa berupa jenis musik iringan tari internal dan jenis musik iringan tari eksternal. Contohnya pada tarian salman yang menggunakan tepukan dada, dan telapak tangan
  • Kostum Tari, sebuah estetika yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah wujud tarian. Kostum pada tarian untuk upacara berbentuk lebih sederhana dan tidak mementingkan sebuah estetika
  • Pola Lantai, sebuah posisi yang dilakukan oleh sih penari tunggal maupun penari kelompok. Pada pola lantai pada suatu tarian bisa berupa simetris, asimetris, lengkungan, garis lurus dan lingkaran.

Fungsi Seni Tari


  • Sebagai sarana keagamaan, Sejak dulu seni tari ini biasa digunakan dalam sarana keagamaan yang bersifat sakral, misalnya di bali sebagai sarana komunikasi terhadap dewa dan leluhurnya.
  • Sebagai sarana upacara adat, seni tari juga biasa digunakan sebagai sarana upacara adat seperti meminta hujan, dan sarana khitanan
  • Sebagai Sarana Pergaulan, seni tari juga bisa sebagai sarana pergaulan kepada semua masyarakat, dari sering berkumpulnya pada saat latihan akan terjalin keakraban, dan terjalin silaturahmi.
  • Sebagai Tontonan, seni tari juga bisa sebagai tontonan atau pertunjukan, karna seni tari juga bisa berfungsi sebagai hiburan.

Jenis-Jenis Tari

1. Tari Tradisional
Di negara kita Indonesia hampir di semua daerah memiliki salah satu seni tari tradisional. pengertian dari tari tradisional ialah sebuah tarian yang berasal dari sebuah daerah dan diturunkan yang secara turun-temurun hingga menjadi sebuah budaya dari daerah tersebut. Umumnya tari tradisional ini mengandung suatu nilai-nilai filosofis seperti keagamaan, kepahlawanan dsb.
Tari tradisional di Indonesia terbagi menjadi dua, yakni tari rakyat dan tari klasik (keraton).

2. Tari Kreasi Baru
Tari kreasi baru ialah salah satu jenis tari yang perkembangannya dari tari tradisi yang ada. jenis tarian yang sudah ada dan biasanya dipakai untuk upacara ritual, adat dan keagamaan lalu dimodifikasi oleh sih penata tari yang sehingga tari ini bisa dinikmati oleh khalayak umum. Contohnya yaitu pada Tari Rapai yang merupakan suatu perpaduan dari gerak tari yang berkembang di Aceh dan Semenanjung Malaya, yaitu pada Tari Seudati, Saman dan Zapin.


3. Tari Kontemporer
Tari kontemporer adalah salah satu jenis tarian modern yang berkembang di Indonesia. Tarian ini lahir sebagai suatu reaksi atas pada seni tari klasik yang telah mencapai sebuah titik akhir yang didalam perkembangan teknisnya. tari kontemporer ini adalah salah satu jenis tari modern yang sehingga tidak ada unsure tradisi lama lagi. Biasanya gaya tari kontemporer ini bernuansa unik dan memakai jenis music dari computer. Sedangkan tari kreasi baru yaitu suatu tari tradisi yang sudah diedit tetapi tetap saja meninggalkan sebuah unsur asli tradisinya.




{ 1 comments... read them below or add one }

  1. Menangkan juga Jackpot hingga ratusan juta rupiah.
    Custumer Service online kami siap 24jam akan melayani Deposit,
    withdraw dan Registrasi anda dengan cepat, ramah, sopan dan
    juga profesional.
    Kami bertransaksi Menggunakan Bank BCA, BNI, BRI , Danamon , dan Mandiri
    Ayo segera daftarkan diri anda di www,pokers1288,pw
    (WA : 081910053031)

    ReplyDelete

- Copyright © Chrisanto Sinatra - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -